Peluang Bisnis Freelance Designer

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

“PELUANG BISNIS FREELANCE DESIGNER”








                                  
                 Disusun oleh :
                              Nama : Abiyyu Alifandin
                              NIM     : 15.11.9124
                              Kelas   : 15 S1-TI-09




STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2015/2016

ABSTRAK
Karya tulis ilmiah dibuat dengan tujuan memberi wawasan kepada pembaca dalam memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang di Indonesia. Di indonesia terdapat banyak sekali peluang bisnis dalam bidang teknologi. Banyak orang yang kreatif dan produktif di indonesia ini, namun banyak yang tidak sadar betapa banyak potensi peluang usaha yang ada di sekitar kita, Salah satunya adalah peluang usaha sebagai freelance designer. Freelance Designer sendiri adalah sebuah peluang bisnis yang tidak memerlukan banyak modal, karena sebagai Freelance Designer yang paling di andalkan adalah kreativitas dari orang itu sendiri dan alat alat pendukung lainya seperti laptop, drawing pen, koneksi internet dan sebagainya.

Namun sebagai seorang Freelance Designer anda tidak bisa hanya mengandalkan kreativitas dan alat alat pendukung lain nya saja, namun anda juga memerlukan semangat dan etos kerja yang baik, mau belajar mulai dari hal yang mudah sampai ke bagian yang lebih sulit, hingga komunikasi yang baik sehingga lebih mudah mendapat klien yang potensial.

Jika anda sudah memiliki kreativitas yang baik dan semangat dalam belajar yang kuat anda bisa menjadi freelance designer yang baik.

Untuk peluang pasar sendiri seorang Freelance Designer memiliki jangkauan pasar yang sangat luar mulai dari dalam negri hingga luar negri, sehingga secara tidak langsung seorang Freelance Designer pun ikut menyumbang sebagai pahlawan Devisa Negara Indonesia.




ISI

Peluang bisnis sebagai Freelance Designer sendiri di Indonesia masih tergolong baru, sehingga masih banyak “pasar” di luar sana yang membutuhkan jasa seorang Freelance Designer(Desainer Grafis).

Pengertian Freelance

Freelance adalah pekerja lepas, yakni pekerja tidak terikat oleh perusahaan, kebanyakan para freelencer bekerja dirumah atau mempunyai kantor sendiri. Kehidupan sebagai seorang freelancer memang sangat menggoda terutama bagi anda yang jenuh terjebak rutinitas yang mematikan kreatifitas.


Keuntungan Menjadi Freelance Designer :

-      Fleksibilitas waktu: seorang Freelancer Designer bisa menentukan sendiri jam kerjanya selama dia masih bisa memenuhi tenggat waktu pekerjaan yang diberikan klien.

-      Fleksibilitas tempat, seorang Freelancer Designer bisa bebas menentukan tempat kerjanya sendiri. Dia bisa bekerja dari rumah, di sebuah kafe atau di pinggir pantai selama dia bisa mendapatkan sambungan internet untuk mengirimkan hasil pekerjaannya kepada klien. Oleh sebab ini juga banyak freelancer yang tidak perlu merasakan terjebak di kemacetan layaknya para pekerja tetap di kantor.

-      Potensi pendapatan yang jauh lebih besar, seorang Freelancer Designer tidak terikat pada satu klien saja dan bisa mengambil job (pekerjaan) dari banyak klien sekaligus. Seringkali seorang freelancer berpengalaman bisa mendapatkan fee sebesar gaji bulanan seorang pekerja kantoran dari satu klien saja. Maka kalau dia bisa mengambil dua atau tiga klien sekaligus, otomatis pendapatannya bisa berkali-kali lipat daripada kalau dia bekerja di kantor.


-      Potensi mengembangkan jaringan, seorang Freelancer Designer bisa punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan jaringannya dengan berbagai orang dari berbagai profesi. Keuntungan terbesar dari memiliki jaringan besar adalah memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan proyek atau mencari rekan kerja yang bisa diajak bergabung untuk memulai sebuah usaha atau proyek ke depannya. Hal seperti ini yang biasanya sulit didapat oleh orang yang hanya bekerja di kantor sepanjang hari.


Tantangan Menjadi Seorang Freelance Designer :

-      Berbeda dengan pekerja kantoran yang mendapat gaji pasti, gaji Freelancer Designer cenderung labil. Kenapa begitu? Karena penghasilan dari seorang Freelancer Designer bergantung pada kemahirannya dalam mencari klien/proyek.

-      Freelancer Designer mempunyai kelemahan di bagian keamanan. Kalau menjadi karyawan perusahaan, sudah pasti setidaknya kita akan mendapat kontrak kerja 1-2 tahun ke depan yang membuat kita tidak khawatir dengan pendapatan dalam jangka panjang. Sedangkan freelancer biasanya hanya bertahan sampai proyek yang dikerjakan selesai, kadang bisa selesai hanya dalam waktu 3 hari. Setelah itu freelancer harus kembali mencari prospektif klien/proyek baru.

-      Bagi Freelancer Designer yang tidak memiliki tanggung jawab dan skill manajemen waktu yang baik, kebebasan bisa menjadi boomerang bagi karir anda. Terkadang anda menyepelekan deadline yang bisa membuat hasil kerja jadi tidak maksimal.



REFERENSI



Peluang Bisnis Freelance Designer
Item Reviewed: Peluang Bisnis Freelance Designer 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!