Peluang Bisnis Persewaan Kamera

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

“PELUANG BISNIS PERSEWAAN KAMERA”









                                  
                 Disusun oleh :
                              Nama : Abiyyu Alifandin
                              NIM     : 15.11.9124
                              Kelas   : 15 S1-TI-09







STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2015/2016



ABSTRAK

Karya tulis ilmiah ini dibuat dengan tujuan memberi wawasan kepada pembaca dalam memanfaatkan trend Photografi yang berkembang di Indonesia. Photografi sendiri bisa di bilang hobi yang sangat memiliki peluang untuk menghasilkan uang di antaranya adalah sebagai Photografer Proffesional namun tidak hanya itu, dalam memanfaatkan dunia Photografi sendiri kita bisa melakukan banyak hal di antaranya adalah menyewakan(rental) “alat tempur” kita kepada masyarakat yang membutuhkan. Bisnis ini sendiri masih terbilang belum menjamur di masyarakat sehingga kita masih bisa mendapatkan ”pasar” yang luas, banyak yang ragu untuk memulai bisnis ini karena kurangnya rasa kepercayaan antara produsen dan konsumen, karena memang harga kamera sendiri tidak lah murah, mulai dari yang jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah, namun menurut saya yang terpenting dari sebuah usaha rental adalah kepercayaan.



ISI

Kini hobi fotografi semakin marak di Indonesia. Jadi tak hanya orang yang berprofesi sebagai fotografer saja yang gemar fotografi, tapi juga orang-orang dari berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswa, pelajar, karyawan, bahkan ibu rumah tangga pun banyak yang gemar memotret. Meningkatnya jumlah pehobi fotografi ini membuat usaha penjualan kamera semakin prospektif. 

Sayangnya, tidak semua kalangan bisa membeli kamera yang kualitas gambarnya bagus seperti kamera DSLR. Hal ini dikarenakan harganya yang masih tergolong mahal. Melihat fakta ini, anda bisa mengambil peluang usaha penyewaan kamera DSLR murah

Usaha sewa menyewa adalah salah satu jenis usaha yang peluangnya masih sangat menjanjikan apalagi untuk berbagai produk yang memiliki harga tinggi. Jenis usaha ini umumnya membutuhkan modal usaha yang cukup besar mengingat biasanya barang dan jasa yang sering disewakan adalah barang dan jasa yang harganya mahal. Karena itu jenis usaha ini cocok bagi yang memiliki modal yang cukup.

Dalam menjalankan Bisnis Persewaan Kamera, anda bisa menerapkan sistem harian, mingguan, maupun bulanan. Tentunya tarifnya akan berbeda-beda, tergantung berapa lama konsumen akan menyewa kamera tersebut. Sedangkan untuk target pasar, anda bisa menjadikan para fotografer pemula sebagai sasaran pemasaran anda. 



Biasanya, para pemula yang ingin belajar fotografi akan memilih untuk menyewa kamera lebih dulu sebelum mereka membelinya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menekuni bisnis penyewaan kamera, antara lain:

1.   Sistem Penyewaan Kamera

Pastikan anda mendapatkan uang deposit terlebih dahulu sebelum anda memberikan kamera kepada konsumen untuk disewakan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya jika kamera yang disewa rusak atau hilang. Nah, perhitungkan berapa jumlah deposit yang harus dibayar konsumen sebelum anda menjalankan bisnis ini.

2.   Analisa break event point

Sebelum memulai bisnis kamera, lakukan analisa break event point-nya. Caranya, jumlahkan investasi awal, biaya operasional, serta pendapatan per bulan, sehingga akan diperoleh perkiraan jangka waktu balik modal.

3.   Terapkan strategi promosi

Agara anda bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan, terapkan strategi promosi yang tepat. Anda bisa melakukan promosi melalui jejaring sosial, iklan baris di koran, membuat brosur, atau tawarkan jasa anda pada orang-orang terdekat.



REFERENSI


Peluang Bisnis Persewaan Kamera
Item Reviewed: Peluang Bisnis Persewaan Kamera 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!